Sejarah Kartu Lenormand, Seni Tradisional Fortune Telling Eropa

Sejarah Kartu Lenormand sebagai seni tradisional Fortune Telling Eropa dimulai dengan menggunakan ketenaran nama seorang peramal Prancis yang terkenal bernama Marie Anne Lenormand (1772–1843). Namun sebenarnya ia tidak menggunakan ataupun menamakan kartu yang ia gunakan untuk meramal dengan sebutan namanya itu. Dalam berkarir sebagai peramal, ia lebih banyak menggunakan kartu Remi. Selain itu, Marie Anne Lenormand juga aktif menulis yang menyebabkan ia pun dipenjara karena kontroversi dari tulisan-tulisan yang diterbitkan tersebut.

Namanya disematkan ke dalam kartu setelah ia meninggal untuk jenis deck kartu berjumlah 36 yang dikenal sebagai Petit Lenormand atau Lenormand. Awal mula Petit Pastel dibuat oleh Etteilla yang memodifikasi kartu remi sehingga dapat digunakan untuk ‘meramal’. Sementara itu, deck lenormand awal terinspirasi dari kartu permainan berjudul  Das Spiel der Hoffnung (The Game of Hope), Johann Kaspar Hectel di Nuremberg tahun 1799.

Kartu Lenormand banyak menyebar dari negara-negara Eropa hingga ke seluruh dunia. Jumlah yang dibakukan adalah 36 lembar. Namun pada perkembangannya, tak jarang yang menambahkan beberapa kartu sesuai kebutuhan si pembuat. Selain Tarot, kartu ini banyak digunakan untuk membaca peruntungan orang. Cara kerjanya yang merupakan kombinasi dari kata memudahkan si pembaca untuk melakukan fortune telling dengan gambar sederhana yang memiliki arti tradisional yang tetap terjaga. Kartu ini cocok untuk digunakan membacakan kejadian sehari-hari hingga kompleks. Cenderung objektif dibandingkan dengan Tarot yang membaca situasi secara subjektif dari orang yang dibacakan.

Di Indonesia sendiri, kartu Lenormand ini sudah digunakan juga selain kartu Remi dan kartu Tarot. Namun belum terlalu tersebar luas penggunaannya karena informasi mengenai kartu ini masih terlalu sedikit. Tarot Telling telah memproduksi satu deck kartu Lenormand yang berjudul Petit Pastel Lenormand tahun 2017 lalu. Bersumber dari ilustrasi kartu Lenormand terbitan Dondorf dengan cat air bernuansa pastel dan kemasan kaleng, deck ini dapat menjadi teman baru untuk menjelajah dunia Fortune Telling.

 

Berikut merupakan video penjelasan sejarah singkat dari Kartu Lenormand yang merupakan bagian dari Kelas Lenormand yang diadakan oleh Tarot Telling. Hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai jadwal kelasnya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *