Kartu Lakukan Saja! 

Berita bahagia di bulan Mei ini, Tarot Telling akhirnya melahirkan deck pertama yang diterbitkan sendiri. Sebuah deck oracle yang bernama KLS! Yap. Kartu Lakukan Saja!

 

Selesai dibuat sebenarnya sudah bulan April 2017. Namun secara resmi untuk dijual bebas baru tanggal 8 Mei 2017.

 

Deck ini terdiri dari 48 lembar kartu dengan beragam kata kerja dalam dasar kertas putih berlatar belakang lukisan cat air. Berbagai macam kata kerja yang sederhana dan dapat langsung dilakukan saat mendapat bukaan kartu tersebut.

 

Kartu Lakukan Saja!

 

 

Adapun metode untuk menggunakan kartu ini antara lain :

Metode satu kartu

Setelah diacak kartunya.. Ambil satu kartu secara acak. Baca tulisannya dan lakukan saja apanyang tertera di kartu itu.

Metode 2 kartu

Sama dengan metode satu kartu, hanya saja yang diambil adalah dua kartu. Lantas bisa dilakukan kedua hal yang tertera pada kartu, atau gabungkan saja keduanya menjadi satu bentuk aksi baru.

Metode cerita

Ambil satu kartu untuk digunakan sebagai tema atau pemicu ide untuk bercerita. Gunakan kata tersebut dalam kalimat.

Bisa dengan langsung menceritakannya atau dengan menuliskannya terlebih dulu. Lanjutkan mengambil kartu untuk lebih banyak pilihan ide cerita.
Metode meditasi

Untuk metode ini, gunakan satu kartu setiap harinya. Bisa kartu yang sama untuk beberapa hari atau berbeda.

Ambil di pagi hari atau malam hari. Bebas saja. Kamu bisa memilih acak atau memilih kata yang ingin kamu dalami lebih lanjut.

Bacalah apa yang tertera. Lalu duduk sejenak, rileks….dan biarkan kata tersebut di pikiranmu selama beberapa waktu. Cukup perhatikan saja kemana pikiranmu mulai membuat cabang-cabang penyesuaian dari kata yang terambil. Tetap usahakan kembali ke napas. Waktu meditasinya terserah dirimu. Untuk awalan, saya sarankan 2 menit saja cukup. Namun lakukan setiap hari.

Metode sharing

Untuk metode ini hampir sama dengan metode cerita.. Hanya saja minimal ada dua orang yang mengambil kartu. Kalian sama-sama mengambil kartu lalu ceritakan satu sama lain tentang kartu yang terambil.

Bisa tentang perasaan apa yang muncul, kondisi yang serupa dengan kata tersebut, atau pengalaman berkenaan dengan kata itu.

Tujuan sharing ini untuk melatih empati kita terhadap orang lain sekaligus mengeluarkan emosi yang ada di dalam diri masing-masing dengan cara bercerita/sharing.

Metode divinasi
Pada dasarnya kartu ini lebih tepat digunakan sebagai inspirasi untuk melakukan kegiatan. Pelepasan emosi dengan cara bergerak akan mampu membuat diri kita plong dan lega. Pergerakan fisik itu membantu mengubah suasana hati. Jadi dengan kartu ini, kita diajak untuk lebih banyak bergerak dan melakukan sesuatu daripada sibuk memikirkannya saja.

Hidup itu bergerak maka lakukanlah. Karena aksi lebih bereaksi.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *