Barbieri Tarot : Deck Fantasy Yang Memukau

Halo, Apa kabar semuanya?

Hari ini saya mencoba me- , eh bukan me- tapi lebih tepatnya berkenalan dengan Barbieri Tarot yang dibuat oleh Paolo Barbieri. Seorang ilustrator terkenal di Itali yang bekerja di sebuah penerbit ternama disana, dimana ia menjadi ilustrator cover buku-buku penulis ternama di dunia dalam spesialisasi genre fantasy.

Deck Tarot ini menurut saya sangat unik dimana ilustrasinya sangat memukau dan seakan memiliki energi yang siap dipancarkan dalam setiap lembar kartunya. Walaupun ilustrasinya tidak dikhususkan untuk sebuah deck Tarot, melainkan kumpulan karya Paolo yang dipilih menyesuaikan simbolisme Tarot. Tidak bisa dipungkiri jika unsur Dark Fantasy yang kental dipadu dengan sci-fi, membuat deck ini memiliki karakter yang kuat. Dibalik kegelapan deck ini terdapat solusi yang akan membuatmu berpetualang untuk menjadi lebih baik dalam pembacaan.

Kondisi kartunya sendiri sangat baik, kamu bisa mengharapkan kualitas yang mumpuni dari penerbit kelas internasional Lo Scarabeo. Kartu yang kokoh, warna yang tegas, laminasi yang halus menjadi ciri khas deck terbitan Lo Scarabeo. Deck ini di terbitkan oleh Lo Scarabeo pada tahun 2015. Sempat tersiar kabar deck ini rilis pada bulan Februari 2016. Tetapi, begitu dicek di Aeclectic.net, (sebuah situs untuk mereview seluruh Tarot dunia), Barbieri Tarot resmi rilis pada tahun 2015.

Sebagai contoh perbedaan ilustrasi simbol deck ini ada pada elemen Wands salah satunya. Kalau biasanya di Rider Waite Smith itu 6 of wands berupa orang naik kuda dan menerima karangan bunga, maka di Barbieri Tarot  itu ada 2 naga dan 2 penunggang yang sedang memperebutkan sesuatu. Yah, dari sini bisa juga kita menginterpretasikannya sebagai cara untuk mendapatkan atau mencapai tujuan perlu pengorbanan, bukan?

Cukup keren kan? Keren pakai banget kalau menurut saya.

Untuk ukuran kartu 12 x 6 cm yang merupakan standar deck international sudah cukup enak untuk dipegang tangan orang Asia. Tidak terlalu panjang, tidak juga terlalu pendek. Yaa– yang penting setia (salahwoy).

Berikut inilah isi sang pemilik kegelapan– (ngawur!)

Barbieri Tarot Mayor Arkana

Arkana Mayor, Barbieri Tarot

Kelebihan deck ini adalah, untuk arkana mayor penyampaiannya cukup jelas. Saya sendiri lebih menyukai arkana mayor dibanding arkana minornya. Kekurangan deck ini adalah di arkana minor yang berbeda dengan apa yang sering dilihat di deck lain karena memang tidak dibuat berdasarkan pakem Tarot tradisional. Deck ini mirip karakternya dengan deck Dark Grimoire Tarot. Akan tetapi, arkana minor deck Dark Grimoire Tarot masih ada ciri khas sedikit dari pakem Rider Waite Smith.

Deck ini dilengkapi pula dengan Little White Booklet (LWB) yang ditulis oleh Barbara Moore. LWB ini menjadi suatu kelebihan tersendiri karena dalam dunia Tarot, penulis yang satu ini sudah banyak menghasilkan karya besar yang seringkali dijadikan rujukan petarot dunia.

Meski sangat menarik, namun deck ini tidak disarankan untuk pemula, kecuali memang jika kamu kolektor dan pecinta fantasi. Cocok-cocok saja. Untuk penyampaian pesan dan intepretasi buat saya sendiri cukup bagus, mungkin karena saya sudah terbiasa dengan deck bertema dark, gothic dan fantasy, jadi deck ini tidak memberikan kesulitan yang berarti. Jika kamu kurang menyukai fantasi, maka kenalan dengan deck ini akan butuh waktu cukup lama hehehe. Rekomendasinya untuk tingkat lanjut dan kolektor.

Kesimpulannya, deck ini sangat cocok buat penggemar kegelapan, gothic, dark fantasy dan sci-fi. Cocok juga buat penulis cerita yang ingin mencoba buat dark fantasy atau distopia dengan menggunakan deck ini.

Deck ini bisa diorder melalui Pre-Order di Tarot Telling yang dibuka setiap bulannya. Harga menyesuaikan kurs Dollar vs Rupiah.

(/AT)

Nilai keseluruhan deck ini adalah

3.5 / 5 bintang

 

 

 

 



Rangkuman Deck

Nama : Barbieri Tarot

Pembuat : Paolo Barbieri

Penerbit : Lo Scarabeo 2015

Tipe Deck : Tarot

Jumlah Kartu : 78

Ukuran : 6.6 x 12 cm

Bahasa : –

Bagian Belakang Kartu : Dua sisi / Reversible

Kelengkapan : LWB (Little White Booklet) Bahasa Itali, Perancis, Inggris, Jerman, Spanyol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *