Apakah Sebenarnya Tarot itu? (part 2)

apa sebenarnya tarot itu.jpg

Setelah mengetahui tentang Tarot pada postingan sebelumnya, kali ini Saya akan memberikan sudut pandang lain tentang apakah sebenarnya Tarot itu.

Tarot bukan hanya media untuk meramal. Bahkan Tarot itu pada awalnya pun tidak diciptakan sebagai media ramal. Namun, tidak bisa dipungkiri kenyataannya bahwa justru karena digunakan sebagai media ramal lah perkembangan Tarot dengan cepat menyebar ke seluruh penjuru dunia. Hingga sampai ke dalam pikiran Anda sekarang yang sedang membaca artikel ini. šŸ™‚

Taukah bahwa Anda bisa memanfaatkan media kartuĀ dengan berbagai ilustrasi menarikĀ ini untuk hal lain kok. Saya membagi tiga kegunaan Tarot berdasarkan fungsi sebagai berikut.

1. Sebagai Media Bantu Diri (Self Help Tool).

– Analisa kepribadian, bakat dan potensi.
– Brainstorming atau pengumpul ide.
– Hipnosis, Motivasi.
– Intepretasi mimpi.
– Melatih seni berkomunikasi.
– Melatih dan memperdalam intuisi.
– Menulis.
– Meditasi, Afirmasi.
– Pembelajaran (Study).
– Pemetaan pikiran (mind mapping).
– Pengembangan spiritual.
– Pengembangan diri dan perencanaan hidup.

2. Sebagai Media Bantu Orang Lain (Help Others Tool).

– Ramal (Fortune Telling).
– KonselingĀ sebagai bagian dari Psikologi/Psikoterapi.
– Penyembuhan (Healing).

3. Sebagai Media Aktualisasi/Kesenangan (Indulgence Tool).

– Koleksi.
– Mengajar.
– Permainan.
– Bisnis.
– Magick.

Berdasarkan pembagian di atas, Tarot itu lebih banyak bermanfaat bagi diri sendiri. Ketika kita sudah mendapatkan manfaat, maka biasanya akan mulai muncul keinginan untuk berbagi dengan orang lain. Bisa dalam bentuk non-profit maupun profit. Apa yang saya tuliskan di atas masih dapat bertambah lagi, silakan tulis pendapat Anda juga.

Tidak ada benar atau salah dalam penggunaan Tarot. Semuanya kembali kepada individu. Apakah akan menggunakan struktur tradisional berupa hapalan atau bebas bermain dengan intuisinya sendiri juga merupakan pilihan. Akan tetapi disarankanĀ ketika mulai menggunakan Tarot untuk media bantu orang lain dan terjun ke dalam masyarakat, tetap perhatikan norma, moral, dan etika yang berlaku agar nantinya tidak menghambat perkembangan diri Anda sendiri. Anda sendiri yang akan bertanggungjawab sesuai dengan apa yang Anda lakukan.

Pelajari Tarot sedalam yang Anda butuhkan, karena ia akan menarik lebih dalam seiring dengan keingintahuan Anda. Setiap orang dengan berbagai latar belakang pengetahuan dan berbagai minat dapat serta-merta tertarik dengan Tarot didasari alasan pribadi mereka. Bahkan latar belakang tersebut dapat menjadi ciri khas tersendiri dalam seni wacana Tarotnya dan membantu memberikan sudut pandang tambahan dalam sesi wacana. Temukan karakter Tarot Anda sendiri dan bertumbuhkembanglah sesuai jalan yang Anda pilih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *