3 Perbedaan Tarot dan Oracle

Jika kamu sudah mengenal Tarot, pada akhirnya akan berkenalan juga dengan Oracle. Penjelasan mengenai kartu oracle sendiri bisa dilihat di sini. Sekarang kita akan bahas mengenai 3 Perbedaan Tarot dan Oracle secara singkat.

 

Ada perbedaan mendasar antara Tarot dan Oracle yang dapat dijelaskan secara singkat sebagai berikut,

 

 

rider_waite

1. Jumlah Kartu
Tarot memiliki jumlah kartu 78 lembar. Terdiri dari 22 Arkana Mayor dan 56 Arkana Minor. Meski dalam perkembangannya, ada yang menambahkan kartu tambahan (happy squirell dan atau kartu dengan nama lain) sebagai variasi, namun jumlah resmi adalah 78.

Sementara Oracle jumlahnya bervariasi, bisa mulai dari dua lembar hingga sebanyak yang diinginkan. Secara umum ada yang berjumlah 36, 52, 66, hingga 144 lembar.

 

Whisper Of Love Oracle dan Animal Spirit Knowledge Cards

Whisper Of Love Oracle dan Animal Spirit Knowledge Cards

2. Sistem
Tarot dengan jumlah 78 lembar memiliki sistem yang terstruktur dengan arkana mayor dan minornya. Jumlah 0-21 pada arkana mayor, sementara arkana minor berjumlah 56 yang terbagi menjadi 4 elemen (api, udara, air, tanah), serta para court cards yang terdiri dari 4 tokoh (page/knave, knight, queen, king). Meski ada beberapa deck yang memiliki penamaan berbeda untuk arkana mayor maupun court cards, namun maknanya tidak akan jauh berbeda.

Oracle tidak memiliki struktur seperti Tarot. Sistem pembacaan lebih bebas dan biasanya lebih fokus pada topik tertentu, seperti cinta, pengembangan diri, spiritual, inspirasi diri, dsb. Jumlah kartu bervariasi, bisa 12, 24, 36, 44, 52, 64 bahkan 144 lembar.

 

Whisper of Love ORacle & Robin Wood Tarot

Whisper of Love Oracle & Robin Wood Tarot

3. Penggunaan
Tarot memiliki arketipe pada arkana mayornya yang merupakan refleksi diri manusia ditinjau dari sisi psikologi. Simbol-simbol yang ada pada kartu merupakan ilustrasi filosofi kehidupan yang dapat digunakan sebagai pemetaan kondisi diri seseorang baik itu masa lalu, saat ini dan potensi di masa depan melalui analisa mendalam terhadap simbol dan gambar yang terdapat pada kartu.

Sementara untuk Oracle sendiri, biasanya langsung memberikan jawaban atas pertanyaan atau memberikan kata-kata mutiara/quote yang menyemangati, karena kartu ini lebih kepada memberikan inspirasi, motivasi, nasehat, dan pernyataan singkat yang nantinya dapat dikembangkan lebih lanjut oleh pewacana.

 

Oke, sekarang sudah lebih jelas kan mengenai perbedaan antara Tarot dan Oracle?
Manapun kartu yang ingin kamu pakai tidak menjadi masalah karena kembali pada ketertarikanmu masing-masing. Ada juga yang mengkombinasikan keduanya dalam bacaan untuk sudut pandang yang berbeda.

Ada yang bilang Oracle lebih mudah dipelajari daripada Tarot. Ada juga yang bilang Tarot lebih detil daripada Oracle. Yah, yang manapun itu, selama kamu enjoy dalam menggunakannya, ngapain dipikirin? Toh yang menggunakan kan dirimu, kalau kamu ga nyaman dan memaksakan diri malah hasilnya tentu tidak akan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *